Etika
5:36 PMEtika
Etiket adalah ketentuan-ketentuan atau hal-hal yang harus ditaati dan sudah berlaku secara umum atau internasional. Etika adalah kumpulan dari nilai dan kelakuan yang mengacu pada moral. Etika juga penting dalam sebuah pelayanan, dan aturan-aturan dibuat untuk memuaskan pelanggan. Namun, apa yang baik, belum tentu benar.
Contoh:
Misalnya, ketika sedang berada di kereta, ada banyak seat/ kursi duduk, dan kursi duduk tersebut tidak banyak ditempati orang. Biasanya, di kereta, terdapat kursi prioritas, yaitu kursi untuk para lansia, ataupun ibu hamil, atau yang biasa kita sebut kursi untuk yang berkebutuhan khusus. Pada saat itu, kursi prioritas tersebut tidak ada yang menduduki, karena belum ada orang yang berkebutuhan khusus. Yang benar, ialah tidak duduk di kursi prioritas itu, dan menaati aturan dengan menduduki kursi lainnya yang masih kosong. Yang baik, ialah yang duduk di kursi prioritas itu karena tidak ada orang yang duduk di tempat tersebut.
Jika kita sebagai petugas di kereta tersebut dan ingin menegor orang tersebut yang duduk di tempat yang tidak harus ia duduki, kita harus dapat menegor orang tersebut tanpa membuat mereka merasa bersalah.
Dalam melakukan tugas pun, kita tidak boleh menyalahkan customer/ pelanggan. Karena, pelanggan adalah raja, yang harus diberikan segala sesuatu yang mereka butuhkan. Misalnya, jika ada pelanggan yang complain ataupun protes, kita harus bisa menanggapinya dengan baik, walaupun sebenarnya jika dipikir bukan kita yang sepenuhnya salah.
Standar Etika
Standar-standar etika di dalam dunia kerja ada beberapa, yaitu:
1. Kehadiran
- Harus hadir sebelum jam yang ditentukan, tidak boleh terlambat satu menitpun.
- Harus minta izin terlebih dahulu jika ada rencana tidak masuk.
- Harus mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberi.
- Berpartisipasi dalam aktivitas dengan mengikuti kelompok diskusi, menyelesaikan tugas, dan berkontribusi dalam segala aktivitas.
- Memulai dan menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.
- Menggunakan waktu dengan sebaik mungkin.
- Jujur dalam segala situasi dan kondisi; tidak berbohong kepada klien/pelanggan, sesama karyawan, maupun atasan.
- Menunjukan kemauan keras dalam bekerja.
- Bertanggungjawab dalam setiap pekerjaan yang diberikan.
- Setia pada pekerjaan, mempunyai sikap yang bisa diandalkan, memiliki motivasi yang tinggi dan juga disiplin.
- Harus dapat membuat percaya seseorang. Karena, jika dalam mengerjakan tugas, kita menyelesaikannya, orang tersebut akan percaya kepada kita, dan kemungkinan akan mendapatkan bayaran yang lebih tinggi.
- Menghargai hak setiap orang.
- Mendorong dan memfasilitasi kerjasama, kebangaan, kepercayaan, dan identitas kelompok.
- Menghargai rahasia.
- Tegas.
- Rapi, bersih.
- Menggunakan pakaian yang pantas, dan cocok.
- Menggunakan kata-kata yang baik, baik verbal maupun non verbal
- Punya manner yang baik.
- Harus punya tingkah laku yang baik.
- Ada kemauan untuk berkooperasi dan menerima kritik yang membangun.
- Menunjukan kepercayaan diri.
- Tingkah laku akan menunjukan bagaimana kita akan sukses/ sesukses apa kita.
- Tidak boleh menanggap remeh tingkah laku.
- Punya sikap untuk mau belajar, mencari kesempatan yang ada.
- Punya tujuan, dan bekerja untuk meraihnya, akan membantu kita dalam bertumbuh dan berkembang.
- Menaati aturan dan prosedur yang ada.
- Menjaga perlengkapan yang ada.
- Menjaga agar area/ tempat tetap bersih dan rapi.
- Jangan menggunakan perlengkapan dengan tidak benar.
- Bekerja sesuai tugas yang ada, dan menggunakan waktu dengan baik
- Memprioritaskan dan mengatur waktu dengan efektif.
- Bisa melakukan time-management yang baik.
- Mendengarkan dengan baik
- Melakukan eye contact ataupun bahasa tubuh dengan customer, harus menggunakan bahasa yang baik dan benar.
- Tidak boleh menggunakan bahasa gaul, ataupun bahasa yang tidak formal.
- Ada kemauan untuk membantu orang lain.
- Bekerja untuk menyelesaikan masalah, dan mencari cara untuk menyelesaikan hal tersebut.
- Mengikuti aturan dan instruksi yang ada.
- Harus dapat mengatasi kritik, masalah, dan complain.
- Menjaga hubungan yang baik antara supervisor dan rekan-rekan.
- Memperlakukan orang dengan baik.
- Tidak boleh melibatkan kekerasan, ataupun pelecehan.
0 comments